Breaking News
Loading...

Bunyip atau disebut juga Kianpraty, adalah makhluk Mitologi dari Suku Aborigin. Disebutkan bahwa makhluk tersebut berukuran besar dan tinggal di sekitar rawa-rawa, sungai, dan di dalam air. Asal-usul kata Bunyip telah di lacak sampai ke Wemba-Wemba (pribumi asli Australia) dan bahasa Wergaia orang Aborigin sebelah Tenggara Australia.
Namun kata Bunyip tampaknya terbentuk dari keyakinan tradisional suku Aborigin, mungkin nama julukan khusus akan sesuatu. Pada tahun 2001 dalam bukunya penulis Robert Holden mengidentifikasi setidaknya ada 9 variasi Bunyip di seluruh dataran Australia. Laporan tertulis tentang Bunyip di tulis orang Eropa sekitar Tahun 1840-an dan ini pula sebagai awal penyebaran Bunyip ke seluruh Negeri.

Ilustrasi, 1980

Arti Kata "Bunyip"
Kata Bunyip biasanya di terjemahkan sebagai "setan" atau "roh jahat" oleh Suku Aborigin sekarang, namun terjemahan ini tidak begitu akurat mewakili peran Bunyip dalam Mitologi Aborigin atau sebelum laporan tertulis Bunyip dibuat. Beberapa sumber modern menyinggung koneksi linguistik antara Bunyip dan Bunjil (makhluk Mitologi juga yang berbentuk Elang).
Kata Bunyip sepertinya tidak muncul dalam cetak Bahasa Inggris sampai pertengahan 1840-an.

Pada tahun 1850-an, Bunyip juga menjadi Sinonim untuk "penipu, pura-pura bohong dan sejenisnya". Bahkan kata bunyip di gunakan sebagai istilah Aristrokasi (sistem pemerintahan) pada tahun 1853 oleh Daniel Deniehy. Dan pada tahun 1990-an kata Bunyip di gunakan oleh Perdana Menteri Paul Keating untuk menggambarkan anggota konservatif Liberal Party of Australia (Partai Liberal Australia).

Di masa sekarang kata Bunyip dapat ditemukan dalam sejumlah konteks Australia termasuk nama tempat dan Kota.
Memang belum jelas sebenarnya apa maksudnya makhluk tersebut disebut Bunyip, sebelum melenceng terlalu jauh deskripsi kata Bunyip sampai sini saja karena yang saya bahas adalah makhluknya bukan sebutannya.

Laporan Penampakan
Awalnya Suku Aborigin hanya menganggap Bunyip sebagai makhluk Mitologi tetapi sejak masuknya orang-orang Eropa dikemukakanlah gagasan bahwa Bunyip merupakan Fauna. Mereka menganggap karena ketidaktahuan orang Aborigin sehingga Bunyip dianggap sebagai makhluk mitos. Karena memang saat itu di Australia masih banyak hewan-hewan yang belum diketahui jenisnya dan Bunyip merupakan salah satunya.


Ilustrasi saat Suku Aborigin menceritakan Bunyip
ke 2 orang Eropa, 1882

Sebagian besar penampakan Bunyip modern (saat orang Eropa menempati dataran Australia) terjadi pada tahun 1840-an dan 1850-an, khususnya di sebelah Tenggara koloni VictoriaNew South Wales dan Australia Selatan

Tahun 1818


Hamilton Hume

Laporan pertama terjadi pada tahun 1818, ketika Hamilton Hume dan James Meehan menemukan beberapa tulang besar di sekitar Danau Bathurst di New South Wales. Mereka tidak menyebutkan menemukan Bunyip tetapi mereka mengaku melihat makhluk besar dan dari deskripsinya hampir mirip dengan Bunyip walaupun ada sanggahan sebenarnya yang mereka lihat adalah Kuda Nil atau Manatee. The Philosophical Society Australasia menawarkan Hume dan Meehan untuk kembali ke Danau tersebut dan mengidentifikasi makhluk apa yang sebenarnya mereka lihat, tetapi dengan berbagai alasan mereka tidak kembali ke sana.

Tahun 1830


Thomas Mitchell

Lebih signifikan lagi adalah penemuan tulang fosil (beberapa di antaranya berkaki empat dan jauh lebih besar dari Sapi atau Kerbau) di Gua Wellington pada pertengahan tahun 1830 oleh George Bushman Rankin dan kemudian olehThomas Mitchell. Namun seorang ahli Anatomi dari British bernama Sir Richard Owen mengidentifikasi fosil tersebut sebagai Nototherium dan Diptrodon.

P.S Pada tahun di atas kata Bunyip masih belum terlalu digunakan, saya menggunakannya untuk lebih mudah menyebut makhluk misterius tersebut.

Tahun 1845
Pada bulan Juli 1845, surat kabar The Advertiser Geelong mengumumkan penemuan fosil di dekat Geelong. mereka menulis artikel dengan judul "Wonderful Discovery of a New Animal". Artikel tersebut juga mencatat kisah seorang wanita yang di bunuh oleh Bunyip, dan seorang pria bernama Mumbowran yang mengaku bekas luka di dadanya adalah bekas cakaran Bunyip. Berikut deskripsi bunyip dalam artikel tersebut:
"Bunyip terlihat seperti gabungan Burung dan Buaya ini memiliki kepala menyerupai Emu (Hewan seperti Burung Unta dari Australia). dengan moncong yang panjang dan bergerigi di setiap sisinya. Tubuhnya seperti Ikan Pari dan kakinya Menyerupai Buaya. Kaki belakangnya sangat tebal dan kuat, dan kaki depannya lebih pendek tetapi memiliki cakar yang panjang. metode membunuhnya adalah dengan cara memeluk mangsanya sampai mati ketika berada di air atau menerkam kaki mangsanya ketika mangsanya berada di tepi Danau."
Jika melihat deskripsinya saya berkesimpulan makhluk ini memang Buaya entah deskripsinya yang dibesar-besarkan oleh surat kabar tersebut atau apa. Tapi, tidak lama setelah artikel tersebut muncul. Surat kabar lain pun mulai menggunakan kata Bunyip dan ini menjadi pertama kalinya penggunaan kata Bunyip dalam media cetak.

Tahun 1846-1847


Tengkorak yang di duga sebagai Bunyip

Pada Bulan Januari 1846, sebuah tengkorak aneh di ambil dari tepi Sungai Murrumbidge dekat Barnarald, New South Wales. Laporan awal menyebutkan bahwa tengkorak tersebut tidak bisa di identifikasi dan sesuatu yang tidak dikenal ilmu pengetahuan. Namun pada bulan Juli 1847 para ahli menyebutkan bahwa tengkorak tersebut sebaga tengkorak cacat janin dari anak Kuda atau Rusa.
Bagaimanapun tengkorak tersebut tetap di pajang di Australian Museum, Sydneyselama dua hari dan banyak pengunjung berbondong-bondong datang untuk melihatnya.

Tahun 1852


William Buckley

Catatan lain di tulis oleh William Buckley dalam biografinya pada tahun 1852, biografinya berisikan pengalamannya selama 30 tahun hidup bersama Suku Wathaurong. Buckley melihat makhluk tersebut di sekitar Danau Moodewarri (sekarang Modewarre) dan di sekitar dataran lainnya. Dalam catatannya Buckley sangat yakin menjelaskan bahwa yang dilihatnya adalah Hewan Amfibi. Dia juga mengaku pernah melihat makhluk tersebut beberapa kali.
"Saya tidak pernah bisa melihat seluruh bagian tubuhnya, kecuali bagian belakangnya yang di tutupi bulu berwarna abu-abu kehitaman."
"Saya tidak pernah mengetahui apa sebenarnya makhluk tersebut, karena orang pribumi pun tidak ada yang mengetahuinya dengan pasti."
Buckley juga mengatakan bahwa Bunyip biasa muncul di Sungai Barwon dan dia meyakini bahwa Bunyip memiliki kekuatan gaib.

Karakteristik
George French Angus mungkin telah mengumpulkan beberapa laporan tentang Bunyip dari orang-orang Mooroundi di sekitar Sungai Muuray sebelum tahun 1847.


Sungai Murray

George menyatakan bahwa:
"Makhluk yang ditakuti mereka ini mendiami Murray, tetapi mereka kesulitan menjelaskan hal itu. Bentuknya yang paling biasa (sering terlihat) adalah sebagai Bintang Laut besar."
Robert Brought Smyth dari Aborigin Victoria menulis 10 halaman yang di khususkan untuk Bunyip pada tahun 1878, dia berkesimpulan:
"Sebenarnya beberapa orang kulit hitam sedikit mengetahui bentuk, tempat tinggal dan kebiasan makhluk tersebut. Tetapi mereka begitu ketakutan hingga tidak sanggup mengambil catatan dan menuliskan karakteristiknya."
Ilustrasi, 1935

Namun pada abad ke-19, di beberapa surat kabar di sebutkan bahwa bentuk Bunyip menyerupai seekor Anjing dengan bulu yang gelap. Memiliki ekor seperti Kuda dan bersirip. Memiliki taring seperti Singa Laut tetapi mulutnya menyerupai paruh Bebek.
Sangat sulit jika kita hanya membayangkannya saja, dan kedengarannya seperti gabungan dari berbagai binatang.

The Bunyip Challicum, adalah ukiran terkenal tentang bunyip yang diukir oleh Suku Aborigin di dekat Ararat. Pertama kali di publikasikan oleh surat kabar The Australiasian pada tahun 1851.


Ukiran Outline Bunyip

Jika kita melihat sekilas secara visual dari ukiran ini mirip dengan Anjing Laut, tapi karena ukurannya besar saya pikir ini adalah Gajah Laut. Deskripsi Buckley juga sangat mendekati bahwa mungkin yang di lihatnya saat itu adalah Gajah Laut. Banyak Ciri-ciri Bunyip yang mendekati Gajah Laut seperti taring, warna tubuhnya, mulutnya yang seperti moncong. Tapi ini hanya pendapat pribadi saya.

Gajah Laut

Kesimpulan
Dalam Kasus ini hewan yang paling mendekati adalah Gajah Laut, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Bunyip memang makhluk lain yang belum di ketahui karena yang saya tahu Gajah Laut hidup di sekitar pantai dan laut, bagaimana caranya hewan itu bisa berada di Danau dan Sungai.
Dan sepertinya di Australia tidak ada Gajah Laut dan kalaupun ada itu di sebelah Barat Daya Australia di Pulau Macquarie bukan di Danau.

0 User Comment:

Poskan Komentar